AI-Based Tourist Guide Application in Bali Using Supervised Learning Method

  • Putra Arimbawa I Gusti Ngurah ITB Stikom Bali (ID)
  • I Made Dwi Darma Artanaya ITB Stikom Bali (ID)
  • Komang Ayu Krisna Dewi Universitas Triatma Mulya (ID)
  • I Putu Gede Abdi Sudiatmika Politeknik Negeri Bali (ID)
Keywords: kecerdasan_buatan, supervised_learning, pemandu_wisata, norma, bali

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi panduan wisata berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dengan metode Supervised Learning untuk wisatawan di Bali. Urgensi penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan panduan yang terstruktur dan kontekstual bagi wisatawan untuk menghindari pelanggaran norma dan adat istiadat setempat, yang sering terjadi karena kurangnya informasi. Tujuan penelitian adalah untuk menciptakan aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi aktivitas "to do" dan "not to do" berdasarkan lokasi, preferensi, dan norma setempat di Bali. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data teks dan gambar terkait budaya, tradisi, dan aturan adat di Bali, yang kemudian digunakan untuk melatih model AI menggunakan Supervised Learning. Model ini akan dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam aplikasi mobile. Aplikasi ini diharapkan mampu memberikan informasi dan rekomendasi wisata yang tepat, serta panduan terkait norma dan adat istiadat Bali, untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan menjaga kehormatan budaya lokal.



Published
2024-12-06
Section
Articles
How to Cite
I Gusti Ngurah, P. A., I Made Dwi Darma Artanaya, Komang Ayu Krisna Dewi, & I Putu Gede Abdi Sudiatmika. (2024). AI-Based Tourist Guide Application in Bali Using Supervised Learning Method. ARRUS Journal of Engineering and Technology, 4(2), 176-183. https://doi.org/10.35877/jetech3262