Gaya Bahasa Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negri 1 Maluku Tengah

Abstract
Penelitian ini secara khusus menelaah pengaruh gaya bahasa kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Maluku Tengah. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah mengadopsi tiga pola komunikasi utama—fleksibel-kontekstual, tegas-konstruktif, dan motivasional—yang berkontribusi langsung terhadap kinerja guru. Gaya komunikasi yang adaptif memudahkan penyampaian pesan sesuai situasi, sementara kritik yang disampaikan secara konstruktif mampu memotivasi guru untuk memperbaiki kinerja tanpa menimbulkan tekanan psikologis. Pemberian pujian, apresiasi verbal, dan arahan yang jelas terbukti meningkatkan semangat kerja, kedisiplinan, serta partisipasi aktif guru dalam tugas profesional. Validasi melalui triangulasi data memperkuat korelasi positif antara gaya bahasa kepala sekolah dan peningkatan kinerja guru, baik dalam aspek teknis mengajar maupun hubungan interpersonal di sekolah. Meskipun terdapat tantangan dalam keterbukaan komunikasi strategis, hasil penelitian ini merekomendasikan penguatan pola komunikasi partisipatif dan empatik sebagai strategi utama dalam membangun budaya kolaboratif dan mendukung peningkatan kinerja guru secara berkelanjutan.
Copyright (c) 2025 Runi La Ande, Fadly Kasdam, Muhammad Miftah Sabban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.